Bagikan Halaman:

Batam (25/01/2022) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam bersiap menggunakan aplikasi M-Paspor dengan mengadakan sosialisasi dan soft launching pada Selasa (25/01/2022). Kegiatan ini dilakukan dengan maksud mempersiapkan perubahan sistem pelayanan paspor dari aplikasi Layanan Paspor Online (APAPO) menjadi Aplikasi M-Paspor serta menampung feedback petugas guna melancarkan penerapan aplikasi. Aplikasi M-Paspor merupakan bentuk baru dari Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online agar pelayanan paspor lebih transparan, akuntabel dan cepat.

 

Melalui M-Paspor, pemohon dapat mengajukan permohonan paspor dengan mengunggah scan berkas ke aplikasi. Jadi, saat di kantor imigrasi pemohon cukup menunjukkan saja berkas aslinya saat wawancara sehingga memangkas waktu tatap muka.

 

Fitur-fitur unggulan M-Paspor antara lain Pembayaran PNBP di Awal, Cek Status Permohonan Paspor, Validasi NIK Dukcapil, Reschedule Jadwal Kedatangan dan Integrasi Dokumen Perjalanan RI. Pembayaran dilakukan sebelum wawancara di kantor imigrasi. Bisa dilakukan melalui Bank, marketplace (Tokopedia dan Bukalapak), Kantor Pos dan Indomaret. Batas waktu pembayaran yaitu dua jam setelah dokumen diunggah, dengan Aplikasi M-Paspor layanan paspor menjadi lebih mudah dan cepat.

Category — Berita Utama