Bagikan Halaman:

PEDOMAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN  PUBLIK (SIPP) KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA NOMOR : M.HH-06. HH.07.05 TAHUN 2021

Sistem Informasi Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut Sistem Informasi adalah rangkaian kegiatan yang meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara kepada masyarakat dan sebaliknya dalam bentuk lisan maupun tulisan Latin, tulisan dalam huruf Braile, bahasa gambar, dan/atau bahasa lokal, serta disajikan secara manual ataupun elektronik.

Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional adalah layanan informasi publik satu pintu yang berupa aplikasi berbasis website dan dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah, cepat, akurat dan akuntabel. Informasi yang ditampilkan dalam aplikasi SIPPN merupakan informasi yang disediakan dan diperbaharui langsung oleh administrator SIPP di lingkungan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Kesekretariatan Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD ke dalam aplikasi SIPP.

Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional yang selanjutnya disebut SIPP adalah aplikasi berbasis website dan dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional, Menteri wajib memastikan penyediaan informasi pelayanan publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam Pedoman Pengelolaan SIPP ini diatur cara dan mekanisme pengisian, penyeragaman jenis layanan publik di seluruh Unit Utama, Kanwil, dan UPT. Pedoman Pengelolaan SIPP ini disusun sebagai tindak lanjut dari Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-12.PR.01.03 Tahun 2020 tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2021, yang juga merupakan salah satu variabel dari penilaian reformasi birokrasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Informasi lebih lanjut tentang Pedoman Pengelolaan SIPP silahkan download attachment.

Category — Info Publik