Bagikan Halaman:

Guang Zhou (27/9) - Direktorat Kerjasama Keimigrasian menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Imigrasi Perwakilan RI yang diadakan di Guangzhou, China pada tanggal 27 sampai dengan 30 september 2017. Kegiatan in merupakan kegiatan tahunan sebagai wadah koordinasi dan interaksi antara Direktorat Jenderal Imigrasi dengan 22 orang Pejabat Imigrasi yang bertugas di Perwakilan RI di luar negeri.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Direktur Jenderal Imigrasi dan Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Guangzhou dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Imigrasi, DR. Ronny F. Sompie menyatakan bahwa seiring dengan perkembangan dunia, pergerakan orang melintasi batas-batas negara menjadi semakin mudah, dan fenomena yang melekat pada arus perlintasan orang antar negara menjadi semakin kompleks. Hal ini tentunya menimbulkan tantangan baru bagi Indonesia untuk dapat selalu mengikuti, mempelajari, dan memahami setiap perkembangan fenomena dunia yang memiliki dampak terhadap berbagai dimensi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Untuk itu Kementerian Hukum dan HAM RI telah mengambil langkah-langkah strategis terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian di luar negeri” lanjutnya.

Langkah strategis yang dimaksud antara lain pengembangan implementasi Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) yang saat ini tergelar di 30 kantor perwakilan RI di luar negeri, mengembangkan kajian kelembagaan terkait optimaliasi tugas dan fungsi pejabat imigrasi, penerbitan surat edaran sebagai upaya perlindungan berwawasan hak asasi manusia di luar negeri khususnya pekerja migran, pengembangan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan tugas dan fungsi imigrasi di perwakilan serta membangun jaringan kerjasama dan intelijen keimigrasian sebagai bentuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai bentuk kejahatan lintas negara. (hms)


sumber: imigrasi.go.id